Selasa, 26 Januari 2010

Manfaat Facebook, dan Dampaknya Pada Mahasiswa

Pada satu pagi, saya sedang tidak mengajar. Saya iseng buka FB. Status seorang friend aya mengatakan “pengin kuliah, tapi dosen kewarganegaraannya gak ada”. Siapa sih dia? Ternyata mahasiswa di kelas X. Berdasarkan informasi status itu, saya cek jadwal, dan minta info kepada TPS, apakah dosen yang bersangkutan hadir atau tidak. Ternyata memang tidak datang.

Lho kok tidak datang? Akhirnya koordinator mata kuliah menelpon dosen terkait dan ada salah informasi. Dosen kewarganegaraan lupa bahwa dia harus mengajar hari ini. Beliaupun akhirnya segera berangkat menuju ke POliteknik, dan kuliah 3 jam masih bisa diselenggarakan, walaupun sempat vakum selama 1 jam. Untung ada FB ya….

Manfaat FB lainnya adalah sarana promosi blog. Ceritanya saya sedang senang-senangnya menulis blog. Saya belum tahu, menulis blog ini sekedar trend sesaat atau bisa bertahan lama. Sebagai blogger saya masih pemula, baru mulai menulis sekitar November 2008. Saya ingin supaya blog saya dikunjungi oleh banyak orang. Bagaimana caranya? Tulisan di blog saya di wordpress saya isikan ke tempat isian link, dan tulisan blog terakhir akan tampak di FB. Jadi FB bisa dipakai sebagai sarana promosi.

Saya senang membaca share status atau ungkapan dari teman-teman. Kadang-kadang memberi inspirasi dan gosip-gosip terbaru. Kalau di lingkungan pendidikan, isinya mulai dari keluhan tugas kuliah berat, kecapekan membuat tugas, ide-ide mo nyontek(walah), atau gosip-gosip seputar dosen. Jangan-jangan mahasiswa tidak tahu ya, kalau dosennya juga jadi teman di Facebooknya. Mungkin gak sadar…karena teman yang dimiliki sedemikian banyaknya.

Teman-teman saya yang berasal dari Batam, banyak sekali. Dari 296 teman, sekitar 90% berasal dari Batam. Sisanya berasal dari teman kuliah, teman kerja, dosen pas kuliah, tetangga, keluarga, yang tinggal di luar Batam. Hal ini membuktikan bahwa FB memang marak di Batam. Jika Anda sedang di area hot spot di Engku Putri, coba lirik apa yang dibuka oleh teman sebelah, pasti FB deh…Kadang saya suka curiga deh, jika ada mahasiswa yang bergerombol, sibuk dengan laptop. Apakah membuka materi kuliah? Bisa iya bisa tidak. Tapi kalo pertanyaannya, apakah membuka FB, pasti iya…

Sebagian orang sudah memanfaatkan FB, misalnya untuk mengirimkan undangan mengikuti suatu kegiatan. Menurut saya sih cukup efektif juga, mengingat cukup mudah dan sangat murah. Daripada di koran, yang belum tentu dibaca juga iklannya.

Saya kadang-kadang juga melakukan promosi, dengan memasang petuah-petuah atau pepatah lama, yang bagus, tapi sering dilupakan. Misalnya : gunakan waktu luangmu sebelum datang waktu sibuk, segera mengerjakan pekerjaan dan tidak menunda, anti menunda pekerjaan, tidak mau telat masuk kelas, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, mengawali pagi hari dengan semangat dll. Tujuannya sih untuk mengingatkan kepada diri sendiri dan juga orang lain. Saya ingin juga dong, jika generasi muda di Batam, mempunyai mental yang bagus…

Tidak ada komentar: